Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, November 1, 2017

5 Keuntungan Latihan Beban Menggunakan Dumbbell

Dalam latihan fitness, ada banyak sekali alat yang bisa anda gunakan untuk membentuk otot-otot tubuh anda. Ada barbell, dumbell, kettlebell, push up bar dan banyak sekali mesin fitness yang bisa anda gunakan untuk memokuskan anda untuk melatih bagian otot tertentu. 

Namun dari sekian banyak alat, ada satu alat yang boleh saya katakan paling efektif dan efisien, yaitu dumbell. Mengapa alat yang paling efektif untuk latihan bukan machine atau barbell? Apa saja kelebihan latihan menggunakan dumbbell? Berikut keuntungan berlatih menggunakan dumbbell: 

1. Dumbbell bisa digunakan untuk semua jenis gerakan 

Dumbbell bisa digunakan untuk semua jenis gerakan latihan. Dengan menggunakan sepasang dumbebell, anda bisa melatih otot bicep, tricep, bahu, kaki, perut, leher, dada. Sepasang dumbbell bisa digunakan untuk seluruh gerakan seperti bicep curl, tricep push down, squat dan lain2. 

Sehingga, hanya dengan sepasang dumbbell anda sebenarnya sudah bisa melatih seluruh jenis otot anda. Sedangkan jika anda berlatih menggunakan bench press misalnya, anda hanya bisa melatih otot dada, tetapi anda tidak bisa melatih otot lengan dan otot bahu.

Kalau anda latihan menggunakan pull down machine, maka anda hanya bisa melatih otot sayap dan otot punggung saja, tetapi anda tidak bisa melatih otot lengan, otot perut dan otot dada. Jadi, dumbbell inilah yang memiliki gerakan multifungsi. Baca juga: 4 Gerakan Dumbell untuk Membentuk Otot Perut
2. Dumbell menyeimbangkan kekuatan otot 

Dumbbell adalah alat yang beban beratnya tidak bisa anda ubah-ubah (kecuali dumbbell bongkar pasang). Dengan adanya berat dumbbell yang sifatnya fix, and tidak perlu khawatir beban yang anda gunakan tidak seimbang antara beban untuk tangan kiri dan tangan kanan. 

3. Lebih aman

Dumbbell lebih aman digunakan karena anda bisa terhindar dari risiko cedera yang lebih besar. Sebagai contoh, jika anda latihan menggunakan bench press, maka akan sangat berbahaya jika anda menggunakan beban yang berat tanpa didampingi oleh instruktur. Hal ini berisiko barbell akan menimpa dada anda. Namun jika anda menggunakan dumbbell, anda bisa menjatuhkan dumbbell dengan aman kesamping ketika anda sudah tidak kuat melakukan angkatan beban. 

4. Rentang gerak lebih leluasa 

Dumbbell memiliki rentang gerak yang leluasa. Hal ini berbeda ketika anda menggunakan machine atau barbell, rentang gerakan anda jauh lebih terbatas. Dengan rentang gerak yang leluasa ini pula anda bisa melakukan berbagai macam gerakan latihan. 

5. Lebih variatif 

Dengan latihan dumbbell, anda bisa melakukan banyak gerakan untuk melatih satu jenis otot saja. Misalnya anda ingin melatih otot bicep. Dengan dumbbell, anda bisa melakukan gerakan bicep curl, concentration curl, hammer curl, single bicep curl dan lain2. 

Tapi kalau anda menggunakan machine, misalnya preacher curl machine, anda hanya bisa melakukan satu gerakan saja, yaitu concentration curl untuk melatih otot bicep. Demikian juga jika anda berlatih menggunakan barbell, anda hanya bisa berlatih menggunakan satu gerakan saja untuk otot bicep, yaitu bicep curl. 

Machine, barbel, atau dumbbell untuk home gym???

Kalau anda ingin berlatih di rumah sendiri alias home gym workout, saya menyarankan anda untuk membeli dumbbell daripada membeli barbell atau machine. Jika anda menggunakan dumbbell anda bisa memprogram latihan anda untuk berbagai macam jenis gerakan..

Selamat berlatih.. Salam sehat



0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik