Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Sunday, October 1, 2017

Macam-Macam Otot dan Metode Latihannya

Ketika anda melakukan aktivitas olahraga, atau anda yang sedang dalam program pembentukan badan anda pasti melatih otot-otot tubuh tertentu yang ingin anda fokuskan. Nah, kalau anda ingin menjalankan olahraga membentuk badan (fitness), anda harus memahami jenis-jenis otot tubuh serta metode latihannya. Jangan sampai otot-otot tubuh anda terbentuk dengan tidak seimbang. 

Misalnya, anda terus fokus melatih otot lengan tetapi anda mengabaikan latihan otot perut dan otot kaki. Hal ini membuat otot tubuh anda menjadi tidak seimbang. Maka dari itu, anda harus melatih otot-otot tubuh anda secara seimbang. Berikut adalah macam-macam otot manusia yang perlu anda ketahui. 

Otot tubuh manusia dibagi menjadi 2 jenis, yaitu UPPER BODY (Otot tubuh bagian atas ) dan LOWER BODY (Otot tubuh bagian bawah). Upper body terdiri dari otot bicep, otot tricep, otot bahu, otot forearm, otot perut, otot leher, otot sayap, otot dada. Sedangkan lower body terdiri dari otot kaki, yaitu otot paha dan otot betis. 

[Teman-teman bisa tonton dan terapkan juga cara-cara melatih semua otot tubuh mulai dari upper dan lower body di rumah pada channel Born2Fit berikut: Born2Fit Membentuk Otot di Rumah. ]

UPPER BODY MUSCLE 

1. Otot lengan depan (bicep) dan belakang (tricep)

Otot lengan dibagi menjadi dua, yaitu otot bicep dan otot tricep. Otot bicep adalah otot lengan bagian depan yang biasa ditonjolkan ketika seseorang sedang memamerkan ototnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah ini: 


Otot bicep merupakan otot lengan utama yang harus anda latih. Berikut adalah gerakan-gerakan untuk melatih otot bicep: Gerakan-gerakan Latihan Otot Bicep. Sedangkan otot tricep adalah otot lengan yang letaknya berada di belakang. Berikut adalah otot tricep:


Otot tricep yang terbentuk dengan baik akan membuat lengan anda terlihat kencang. Salah satu penyebab lengan terlihat berlemak adalah karena seseorang tidak pernah melatih otot tricepnya. Untuk latihan tricep, berikut adalah program latihannya: Gerakan Melatih Otot Tricep Secara Sempurna di Rumah.

2. Otot bahu (deltoid)

Otot bahu sebenarnya masih masuk dalam otot lengan. Otot bahu adalah otot lengan bagian atas atau sering disebut sebagai otot deltoid. Otot deltoid itu sendiri dibagi menjadi 3. yaitu otot bahu bagian depan, otot bahu bagian samping dan otot bahu bagian belakang. Berikut adalah anatomi otot deltoid. 



Otot deltoid harus anda latih untuk semua jenis ototnya (baik bagian depan, bagian samping dan bagian belakang). Otot bahu yang terbentuk dengan baik dapat membantu memperbaiki postur tubuh anda menjadi lebih tegap. Berikut adalah macam-maca gerakan latihan untuk otot bahu: Gerakan-gerakan Latihan Membentuk Otot Bahu. 

3. Otot forearm 

Otot forearm disebut juga dengan otot pergelangan tangan. Otot pergelangan tangan merupakan bagian penting dalam otot tubuh manusia. Letak otot forearm adalah di sekitar pergealangan tangan sebelum lengan. Berikut adalah otot forearm


Forearm muscle yang kuat akan menguatkan genggaman anda. Untuk melatih otot forearm, anda bisa lihat gerakan2nya disini: Gerakan Latihan Sempurna untuk Membentuk Otot Forearm.

4. Otot perut

Otot perut adalah otot yang berperan penting dalam tubuh anda. Jika seseorang memiliki perut buncit dan obesitas, hal ini bisa meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Otot perut sendiri dibagi menjadi otot perut bagian atas, tengah, samping dan otot perut bagian bawah. Berikut adalah variasi latihan untuk membentuk otot perut. Baca: Variasi Latihan Sit Up (Otot Perut Atas, Bawah, dan Samping)

5.  Otot leher (trapezius) 

Otot leher terletak diatas otot bahu. Otot leher yang terbentuk dengan baik juga mampu membuat postur anda menjadi lebih baik dan lebih tegap. Berikut penampakan otot leher



Otot trapezius sebenarnya merupakan bagian dari otot bahu, jadi pola latihan otot leher sama dengan otot bahu. Ketika anda melatih otot bahu anda, otomatis otot trap anda akan terbentuk juga. 

6. Otot serratus anterior (otot sayap)



Otot sayap adalah otot yang terletak dibawah ketiak. Otot sayap yang terbentuk dengan baik akan menguatkan tubuh anda. Berikut adalah jenis-jenis latihan untuk melatih otot sayap: 5 Cara Membentuk Otot Sayap dengan Mudah.

7. Otot dada 

Otot penting lainnya adalah otot dada. Otot dada adalah jenis otot yang paling sering dilatih seseorang. Otot dada adalah otot besar yang memiliki peran besar terhadap tubuh anda. Otot dada yang terlatih akan memuat tubuh anda terlihat lebih bidang. Otot dada terdiri dari otot dada bagian atas, otot dada bagian samping dan otot dada bagian bawah. Berikut adalah gerakan2 untuk melatih otot dada: Gerakan Membentuk Otot Dada Secara Sempurna

8. Otot punggung (back)


Otot punggung adalah bagian dalam otot besar. Otot punggung juga tidak boleh anda lupakan dalam program latihan fitnes anda. Otot punggung dibagi menjadi otot punggung bagian atas, tengah, dan otot punggung bagian bawah. Berikut gerakan2 latihan untuk membentuk otot punggung: Gerakan Melatih Otot Punggung.

LOWER BODY MUSCLE 

8. Otot paha (quadriceps)



Otot paha adalah bagian dari otot kaki yang harus anda latih. Otot kaki berfungsi sebagai penyeimbang tubuh. Berikut adalah latihan untuk melatih otot paha: Cara Mudah Mengecilkan Paha dan Betis secara Cepat dan Alami

9. Otot betis 

Otot betis adalah bagian dari otot kaki lainnya. Otot betis yang terlatih selain menguatkan lower body, anda akan lebih kuat dalam berlari. Berikut adalah gerakan2 untuk melatih otot betis: 6 Cara Cepat Membesarkan Otot Betis. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik