Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, March 18, 2020

Alat-alat untuk Latihan Tinju (Boxing Equipment)

Buat anda yang ingin memulai latihan bela diri, khususnya olahraga tinju, anda membutuhkan alat-alat latihan tinju yang dapat mendukung anda untuk berolahraga dan mengembangkan skill tinju anda. 

Dalam olahraga tinju (boxing), ada beberapa peralatan latihan penunjang yang perlu anda miliki (sesuaikan dengan kebutuhan anda tentunya). Ada cukup banyak alat-alat latihan tinju yang dapat anda gunakan untuk berlatih. Berikut adalah alat-alat untuk latihan tinju: 

1. Samsak tinju (heavy bag)
Samsak tinju
Samsak tinju adalah alat untuk melatih kekuatan, akurasi dan kecepatan pukulan. Ini adalah alat latihan tinju yang paling umum, yang paling sering kita lihat, dan wajib dimiliki jika anda ingin berlatih tinju. Samsak tinju berbentuk seperti guling yang digantung (bisa berisi pasir atau kain), dan alat tersebut akan menjadi target pukul anda ketika berlatih. 

2. Punching ball (speed ball) 

Punching ball
Punching ball adalah alat untuk melatih kecepatan pukulan, akurasi & melatih konsentrasi anda dalam memukul. Bentuk punching bag seperti bola kecil yang dipukul satu (bisa dua tangan) dengan cara memutar tangan. 

3. Standing punching ball 
Standing punching ball
Standing punching ball alatnya hampir sama seperti speed ball, namun pada alat ini ada tumpuannya berbentuk vertikal. Tujuan alat ini tidak lain adalah untuk melatih AKURASI pukulan, karena ketika alat ini dipukul, alat tersebut akan bergerak cepat, sehingga anda harus bisa mengenai target ini secara tepat sasaran. 

4. Punching pad / punch mitt 
Punching pad
Punching pad adalah alat yang digunakan sebagai target pukul. Untuk menggunakan alat ini, harus ada 2 orang. Orang pertama bertugas untuk memegang punching pad. Orang kedua, yang memukul punching pad. 

Punching pad ditempatkan pada kedua tangan, kemudian anda memukul target tersebut. Tujuannya adalah untuk melatih ketajaman pukulan dan reflek. 

5. Lompat tali (jump rope)
Jump rope
Lompat tali adalah alat untuk latihan kardio, stamina, dan melatih kekuatan kaki serta kelenturan kaki (footwork). Jika anda berlatih tinju, jangan lupakan untuk memiliki alat ini, karena jump rope memiliki banyak sekali manfaat.

6. Sarung tinju (gloves) 
Sarung tinju
Well, sarung tinju tentu adalah alat utama untuk berlatih tinju. Sarung tinju bertujuan untuk melindungi kepalan tangan / tinju anda dari cedera ketika memukul target maupun saat sesi sparring partner.

7. Pelindung kepala (headgear) 
Headgear boxing
Pelindung kepala dibutuhkan ketika anda melakukan sesi sparring partner. Tujuannya, untuk melindungi kepala dari benturan pukulan ketika sparring, sehingga meminimalkan risiko cedera kepala yang tidak diinginkan, seperti brain damage. 

8. Pelindung gigi (mouth guard)
Mouth guard boxing
Pelindung gigi dibutuhkan saat sesi sparring partner. Tujuannya untuk melindungi gigi anda tetap aman ketika sesi sparring atau latih tanding. 

9. Pelindung kemaluan (Groin guard) 
Groin guard boxing
Dalam sesi sparring / latih tanding, pelindung kemaluan juga diperlukan untuk melindungi alat kemaluan dari pukulan. Jadi, ketika anda melakukan sesi latih tanding, tiga alat: Pelindung kepala, pelindung kemaluan, pelindung gigi harus anda miliki untuk menghindari cedera. 

10. Boxing tape / hand wrap

Hand wrap boxing
Hand wrap boxing digunakan untuk membalut tangan anda. Jadi sebelum anda menggunakan sarung tinju (boxing gloves), ada baiknya anda menggunakan hand wrap terlebih dahulu. Hand wrap adalah kain yang digunakan untuk menambah perlindungan pada kepalan tangan anda, supaya tidak cedera (buku jari retak, kapalan) ketika memukul target.

11. Sepatu tinju (boxing shoes) 
Boxing shoes
Walaupun tidak wajib dimiliki, namun jika anda menginginkan peralatan yang lebih lengkap, sepatu tinju sebaiknya anda miliki, karena sepatu tinju sudah didesain tersendiri untuk olahraga yang bersangkutan. 

12. Boxing head ball 
Boxing head ball
Boxing head ball adalah alat yang berbentuk seperti bola dan terdapat pengikat kepala. Cara menggunakan alat ini, ikatkan tali di kepala, dan bola tersebut dijadikan sebagai target pukul. Tujuan latihan ini adalah untuk melatih reflek, konsentrasi dan akurasi pukulan. 

13. Medicine ball 
Medicine ball
Medicine ball adalah bola berisi pasir yang digunakan dengan cara dilemparkan ke tembok atau ke matras. Latihan ini bertujuan untuk menguatkan power pukulan, stabilitas core muscle & pinggang, dan daya tahan (endurance). 

14. Sparbar boxing
Sparbar boxing bar
Sparbar boxing merupakan alat latihan untuk sparring (latih tanding), namun dilakukan dengan alat (tidak latih tanding dengan orang). Alat ini sangat bagus untuk melatih reflek, footwork, konsentrasi dan simulasi ketika anda berada pada pertandingan tinju sesungguhnya.  

15. Vertical standing boxing (multi point target) 
Vertical standing boxing
Vertical standing boxing adalah alat target pukul yang terdiri dari beberapa bagian target, bentuknya seperti alat punch mitt. Ada bagian atas, tengah, dan bawah. Alat ini berguna untuk melatih reflek, kecepatan pukulan dan melatih target pukul di setiap area yang berbeda, mulai dari area kepala, perut, body shot dan melatih ketajaman pukulan jab, straight, hook, uppercut. 

Itulah alat-alat latihan tinju yang bisa anda miliki, dan alat-alat ini dapat menunjang anda untuk meningkatkan kekuatan, kecepatan, skill, daya tahan dan stamina.  

Tag:
- Alat latihan tinju
- Alat-alat latihan tinju 
- Alat untuk latihan tinju
- Nama alat latihan tinju
- Peralatan latihan tinju
- Alat buat latihan tinju
- Nama alat untuk berlatih tinju 
- Alat latihan tinju di rumah 
- Bantal latihan tinju 
- Nama alat untuk latihan tinju
- Perlengkapan latihan tinju
- Harga alat latihan tinju 
- Nama bantal untuk latihan tinju
- Nama alat buat latihan tinju
- Alat untuk berlatih tinju 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik