Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Saturday, November 11, 2017

Bolehkah Melatih Otot Bicep dan Tricep secara Bersamaan?

Otot bicep dan otot tricep adalah bagian dari otot lengan yang perlu anda latih ketika anda melakukan fitness. Otot bicep dan tricep yang dilatih akan membuat otot lengan anda semakin kokoh. Dalam dunia fitness memang sudah banyak perdebatan yang mengatakan bahwa otot bicep dan otot tricep itu tidak boleh dilatih bersamaan. 

Alasannya adalah: Otot bicep dan tricep memiliki gerakan yang berlawanan, sehingga ketika anda melatih secara bersamaan, otot anda tidak akan berkembang. Alasan kedua yang sering muncul adalah otot bicep dan tricep sama-sama metode latihan otot lengan. Jadi kalau anda melatih secara bersamaan, hal ini membuat otot lengan terlalu capek jika kedua otot tersebut dilatih bersamaan. 

Teman-teman yang ingin melatih dan membesarkan otot bicep dengan 4 gerakan simpel menggunakan sepasang dumbbell, anda bisa tonton dan terapkan latihan membentuk otot bicep di video berikut:



Sedangkan teman-teman yang ingin melatih otot tricep pakai dumbell, teman2 bisa tonton videonya disini: 


Tapi Kalau anda bertanya di web Program Latihan Fisik ini apakah boleh otot bicep dan tricep dilatih bersamaaan, maka saya jawab: BOLEH. Apa alasannya saya mengatakan boleh?  

Pertama"Gerakan berlawanan" adalah gerakan fitness yang berlawanan satu dengan lain. Sebagai contoh, gerakan mendorong (push) dan gerakan menarik (pull) adalah gerakan yang berlawanan satu sama lain. Jadi, gerakan push up dan gerakan pull up adalah gerakan yang berlawanan.

Artinya, kalau anda percaya bahwa otot bicep dan tricep tidak boleh dilatih bersamaan karena memiliki gerakan yang berlawanan, maka artinya anda tidak boleh berlatih pull up dan push up di hari yang sama. Padahal, dalam menu latihan atlet, push up dan pull up seringkali digabung / dikombinasikan menjadi satu hari menu latihan. 

[Catatan: Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan latihan-latihan fitness, latihan untuk membentuk otot di rumah, bodyweight, anda bisa tonton video-video saya di channel Youtube: Born2Fit By El.]

Contoh lainnya, gerakan bench press. Bench press selain melatih otot dada sebenarnya juga melatih otot tricep anda. Jadi kalau menurut teori tidak boleh melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan dalam satu hari, maka sebenarnya anda tidak boleh latihan bench press dan latihan bicep dalam satu hari yang sama.

Padahal, banyak bodybuilder yang menggunakan menu latihan bicep dan chest dalam satu hari, dan hasilnya sangat maksimal. 

Selain itu, sebenarnya hampir semua gerakan latihan fitness menggunakan tangan. Anda berlatih otot bahu, bicep tricep, punggung, semua latihan tersebut harus menggunakan kekuatan otot tangan anda, sehingga meskipun anda melatih otot punggung misalnya, maka otomatis otot tangan anda akan ikut terbentuk.

So, kalau ada pendapat yang mengatakan tidak boleh melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan karena akan membuat otot lengan capek, alasan tersebut tidak masuk akal. Sekali lagi, hampir semua gerakan fitness dominan menggunakan kekuatan tangan anda. 

Kesimpulannya: Melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan boleh dilakukan. Tidak masalah anda melatih kedua otot tersebut di hari yang sama. Asalkan jangan melatihnya setiap hari, karena otot anda membutuhkan masa istirahat untuk pemulihan. 

Fitness bukanlah metode latihan yang kaku. Anda sebenarnya bisa melakukan banyak kombinasi menu latihan yang nyaman untuk anda. Selama anda bisa konsisten melakukannya, anda akan mendapatkan hasil  maksimal. 

[Catatan: Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan latihan-latihan fitness, latihan untuk membentuk otot di rumah, bodyweight, anda bisa tonton video-video saya di Youtube: Fitness & Home Gym.]

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik