Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Friday, September 28, 2018

Berapa Kali Sebaiknya Latihan Fitness dalam Seminggu?

Pada saat memulai program latihan fitness, pernahkah anda bertanya-tanya: Berapa kali dalam seminggu sebaiknya kita berlatih fitness? Apakah harus 4 hari sekali? 3 hari sekali? 5 hari sekali? Apakah boleh berlatih fitness setiap hari? 

Anda mungkin pernah mendengar kata-kata bijak: "Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik". Hal ini juga berlaku ketika anda berlatih fitness. Anda tidak disarankan untuk melatih otot anda secara berlebihan, misalnya berlatih setiap hari. 

Karena perlu anda ketahui bahwa ketika anda sedang beristirahat, disitulah proses pembentukan otot terjadi. Jadi kalau anda selama ini merasa sering berlatih fitness, tetapi justru masa otot anda tidak bertambah, kemungkinan anda overtraining.

Jadi, berapa hari idealnya latihan fitness dalam seminggu? 

Fitness atau home gym yang ideal adalah 4-5 kali dalam satu minggu. Jangan sampai anda berlatih lebih dari itu, karena otot anda membutuhkan paling tidak 2 hari untuk istirahat. Nah selama masa istirahat itulah, seperti saya jelaskan tadi, otot anda sebenarnya sedang terbentuk.

Sisakan waktu dua hari untuk istirahat, karena istirahat ini adalah proses recovery yang anda butuhkan. Jangan sampai anda kurang istirahat, yang mengakibatkan anda tidak maksimal dalam berlatih. 

Selama ini banyak anggapan bahwa semakin sering latihan, maka otot anda terbentuk lebih cepat. Hal ini benar, tapi tidak 100% tepat. Karena anda juga butuh istirahat untuk memulihkan masa otot anda. 

Mulailah latihan fitness 4 atau 5 kali seminggu. Atau jika anda berlatih 6 hari dalam seminggu, lakukan 5 hari latihan dan 1 hari latihan khusus untuk kardio. 

Bagaimana cara menyusun menu latihan 4 hari atau 5 hari fitness? Berikut adalah contoh jadwal / plan latihan fitness untuk latihan 4 hari seminggu: 



Anda bisa mencoba menu latihan fitness diatas. Di mana anda bisa berlatih pada hari senin, selasa. Kemudian hari rabu anda ambil satu hari untuk istirahat. Hari kamis dan jumat anda kembali berlatih. Kemudian hari sabtu dan minggu anda istirahat, atau hari minggu anda gunakan untuk latihan kardio khusus. 

Anda juga bisa memodifikasi latihan anda (perhatikan tabel warna ungu). Anda bisa berlatih pada hari senin-kamis full. Kemudian hari jumat anda berlatih khusus kardio. Hari sabtu dan minggu anda off alias rest. 

Sedangkan kalau pola latihan fitness 5-6 hari dalam seminggu, anda bisa mencoba menu latihan seperti tabel dibawah ini: 


Anda bisa berlatih pada hari senin dan selasa. Kemudian anda ambil hari off atau istirahat pada hari rabu. Hari kamis sampai dengan sabtu anda kembali berlatih. Dan hari minggu anda istirahat. Atau hari minggu anda bisa gunakan untuk latihan khusus kardio seperti jogging. 

Nah, itulah contoh menu yang ideal untuk fitness anda. At least, anda harus menyisakan satu hari untuk istirahat. Jangan berlatih setiap hari, karena otot anda juga membutuhkan istirahat sebagai proses pemulihan. Di saat proses pemulihan itulah otot anda terbentuk. 

Menu latihan diatas hanyalah contoh. Anda bisa memodifikasi menu latihan dan hari latihan yang sesuai atau cocok untuk anda lakukan.

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik