Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Tuesday, November 14, 2017

Resep Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Resep makanan sehat yang harus anda terapkan dalam program pola makan yang benar adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. 4 sehat 5 sempurna adalah jenis makanan sehat yang mengandung seluruh unsur-unsur protein, zat besi, vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Nah, apa saja makanan yang termasuk kedalam kategori 4 sehat 4 sempurna? 

1. Makanan pokok
Makanan pokok adalah menu makanan utama yang mengandung gizi yang berfungsi untuk menghasilkan sumber energi utama agar anda dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Makanan pokok adalah menu makanan utama yang mengandung karbohidrat. Makanan pokok antara lain adalah nasi putih, nasi merah, kentang, roti, singkong.  

Tapi jika anda sedang menjalankan program diet, olahraga atau membentuk otot, memang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi secara berlebihan tidak baik untuk perkembangan otot anda. Bukannya tidak boleh memakan karbohidrat. Anda harus tetap konsumsi makanan pokok, karena makanan pokok adalah sumber energi untuk anda. 

Sebagai alternatif kalau anda sedang menjalankan program fitness, anda bisa mencoba menganti menu nasi putih dengan nasi merah. Nasi merah tidak mengandung karbohidrat yang terlalu tinggi, namun mengandung serat pangan yang tinggi, sehingga nasi merah membuat anda kenyang lebih lama, dan tidak menyebabkan cepat gemuk. 

2. Lauk pauk 

Tubuh anda membutuhkan protein. Protein berfungsi untuk membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak, mengganti sel tubuh yang rusak menjadi baru, menyemimbangkan kerja hormon, membentuk sistem imun tubuh. 

Contoh makanan2 yang mengandung protein adalah daging ayam, telor, daging sapi, tempe, tahu, ikan tuna. Jenis2 lauk pauk tersebut adalah lauk pauk yang mengandung protein tinggi yang sangat bagus untuk anda. Kalau anda sedang menjalankan program latihan fisik, jangan lupa untuk memasukkan menu2 tersebut dalam daftar makanan anda untuk mempercepat proses pembentukan otot dan memperbaiki sel tubuh yang rusak akibat berlatih. 

3. Buah-buahan 

Buah-buahan mengandung vitamin dan serat, yang bagus untuk tubuh anda seperti kulit, mata. Buah-buahan juga sangat bagus ketika anda sedang menjalankan program diet. Buah dapat menjaga berat tubuh anda (disertai olahraga) dan melancarkan sistem pencernaan. Jangan pernah lupa memasukkan buah-buahan seperti pisang, melon, buah naga, dalam menu makanan anda. 

4. Sayur-sayuran 

Sayuran hampir sama dengan buah mengandung vitamin dan serat. Sayur-sayuran sangat bagus untuk melancarkan sistem pencernaan, menjaga daya tahan tubuh, mengandung protein nabati dan dapat menghindarkan anda dari berbagai macam jenis penyakit. Sayur-sayuran hijau seperti brokoli, bayam sangat bagus untuk anda yang sedang menjalankan program diet, atau anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat.  

5. Susu 

Makanan 4 sehat sudah saya sebutkan. Masih ada 1 lagi supaya menjadi 5 sempurna, yaitu susu. Susu memiliki banyak sekali manfaat. Susu dapat mencegah risiko osteoporosis, memperkuat tulang karena susu mengandung kalsium, membentuk otot, mencegah kerusakan gigi, susu mengandung zat besi, vitamin D yang bagus untuk menyehatkan kulit. 

Tentu saja, ketika anda memutuskan untuk hidup sehat, olahraga, fitness, jangan pernah melupakan menu-menu tersebut. Makanan 4 sehat 5 sempurna sudah sangat cukup untuk menyehatkan tubuh dan membentuk otot-otot anda, asalkan anda bisa dan mau melakukannya dengan serius.  

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik