Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Saturday, September 2, 2017

Latihan Deadlift yang Benar untuk Membentuk Otot Punggung

Salah satu gerakan olahraga dalam fitness yang cukup populer adalah gerakan deadlift. Kalau anda sering latihan fitness anda pasti tidak asing lagi dengan gerakan deadlift tersebut. Gerakan deadlift adalah gerakan yang berfokus untuk melatih otot punggung bagian bawah. Tetapi deadlift secara tidak langsung juga melatih otot2 leher (trapezius) dan otot kaki, karena gerakan deadlift agak mirip dengan gerakan squat. 

Dalam fitness, deadlift adalah gerakan compound. Gerakan compound yaitu gerakan fitness yang melatih beberapa macam otot dengan satu gerakan. Seperti yang saya katakan di paragraf sebelumnya, walaupun deadlift melatih otot punggung bagian bawah deadlift juga melatih otot kaki dan otot leher. 

Deadlift merupakan gerakan latihan yang sebaiknya anda lakukan / anda masukkan dalam menu fitness anda, terutama ketika anda sedang melatih otot punggung. Namun, tentunya gerakan deadlift haruslah dilakukan dengan benar, karena jika anda tidak bisa melakukan deadlift dengan tepat, hal ini justru akan berpotensi mengakibatkan cedera punggung dan postur tubuh yang jelek. 

Berikut adalah gerakan deadlift dan panduan melakukan deadlift.
Tahapan pelaksanaan:
- Kedua tangan memegang barbell
- Lakukan gerakan setengah jongkok (tidak sampai full)
- Perhatikan, punggung anda harus tetap lurus tidak boleh membungkuk
- Tatapan mata lurus kedepan
- Berdiri tegak
- Ulangi gerakan tersebut. Lakukan 10-15 repetisi, 3-4 set

DEADLIFT YANG BENAR

Gerakan deadlift ini seperti yang saya jelaskan, melatih 3 jenis otot sekaligus, yaitu otot punggung, dan kaki. Deadlift ini sejatinya juga memperbaiki postur tubuh anda menjadi lebih tegap. Namun sekali lagi, anda harus bisa melakukan gerakan deadlift dengan benar.

Terutama ketika deadlift anda harus memperhatikan posisi punggung anda. Punggung harus tetap lurus. Jika punggung anda tidak lurus, postur anda bisa jadi membungkuk dan menyebabkan cedera tulang punggung. Untuk menghindari cedera tulang punggung, selain postur yang benar, jika anda belum terbiasa melakukan deadlift, anda bisa memulai dengan beban yang ringan terlebih dahulu, agar tekanan pada otot punggung anda tidak terlalu besar.     

Deadlift tidak harus dilakukan menggunakan barbell, tetapi bisa dilakukan menggunakan dumbell. Baca juga: Perbedaan Barbell dengan Dumbell. Berikut adalah gerakan deadlift menggunakan dumbell.


Gerakan deadlift menggunakan barbell dan dumbell caranya sama saja, hanya objeknya yang berbeda Gerakan deadlift ini tidak harus dilakukan di tempat fitness. Anda bisa melakukan deadlift di rumah. Anda hanya membutuhkan peralatan dumbell atau yang bisa anda beli sendiri.

Selamat mencoba.. Salam sehat Program Latihan Fisik.

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik