Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Saturday, May 13, 2017

Otot-otot yang Dilatih Saat Olahraga Pull Up

Olahraga pull up adalah salah satu olahraga bodyweight yang sangat populer selain push up dan sit up. Di semua cabang olahraga termasuk olahraga bela diri bahkan militer, pull up merupakan menu utama latihan fisik untuk menguatkan dan membentuk badan. Ketika melakukan pull up, otot-otot apa saja yang dilatih? 

Pull up











Pull up juga memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan2 yang bisa anda dapatkan. Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk pergi ke tempat fitness, anda bisa melakukan olahraga pull up di rumah. Anda juga bisa membeli sendiri alat olahraga pull up portable yang sangat simpel. Baca juga: Alat Latihan Pull Up di Rumah.

Secara sederhana, pull up merupakan gerakan menaikkan dan menurunkan tubuh anda sambil bergelantungan di sebuah alat pull up bar (berbentuk stick). Setelah anda mengetahui sedikit banyak mengenai pull up, saya akan membahas: Otot-otot apa saja yang dilatih saat melakukan pull up? Silahkan simak pos ini.

Bicep












Gerakan pull up sangat efektif membentuk otot bicep. Terutama jika anda melakukan chin up, maka otot bicep akan lebih terfokus. Pull up merupakan gerakan yang dominan menggunakan kekuatan tangan untuk menarik tubuh anda keatas, so otot bicep juga bekerja ketika melakukan pull up

Bahu / deltoids










Otot bahu merupakan otot utama yang paling banyak bekerja ketika melakukan pull up selain otot punggung. Hal ini dikarenakan ketika anda melakukan pull up, otot bahu anda (baik otot bahu atas, depan dan samping) ikut melakukan kontraksi otot, dan otot bahu merupakan fokus utama dari pull up. 

Trapezius / otot pundak









Otot pundak merupakan otot di sekitar leher. Pull up membentuk otot pundak karena ketika anda menarik tubuh keatas pundak anda otomatis ikut bekerja. Pull up dapat membesarkan dan menonjolkan otot pundak anda. 

Latissimus dorsi (otot sayap)








Pernahkah anda mendengar otot sayap? Otot sayap terletak di bagian bawah ketiak anda di bagian punggung tengah. Di kontes binaraga, otot sayap selalu ditonjolkan. Nah, salah satu latihan membentuk otot sayap adalah dengan olahraga pull up. Gerakan menarik tubuh keatas dan menurunkannya kembali (pull up) dapat membuat otot sayap anda kontraksi.  

Back / punggung









Punggung adalah bagian utama yang bekerja ketika anda melakukan pull up. Otot punggng bagian atas (upper back) merupakan fokus utama ketika anda pull up.

So, itulah otot-otot yang dilatih pada saat anda melakukan olahraga pull up. Pull tidak hanya melatih satu gerakan otot saja. Itulah mengapa dalam olahraga fitness, pull up disebut sebagai gerakan compound (gerakan gabungan), karena pull up membentuk beberapa macam jenis otot. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik