Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Saturday, March 11, 2017

Perbedaan Tipe Badan Endomorph, Ectomorph, dan Mesomorph

El Heze
Di dalam dunia olahraga, anda pasti sering mendengar istilah endomorph, ectomorph dan mesomorph. Ketiga istilah tersebut digunakan untuk menyebut tipe badan seseorang. Ya, tipe badan bisa dibedakan menjadi ketiga jenis tersebut. Lalu, apa perbedaan ketiganya? Mari kita bahas. 



ENDOMORPH

Tipe badan endomorph adalah tipe badan yang mudah menyimpan lemak. Bahasa mudahnya tipe 'badan gemuk'. Orang yang memiliki tipe badan ini, memiliki ukuran tubuh yang besar, dan lemak yang banyak, terutama lemak pada pinggang, perut dan lengan. Tipe badan endomorph adalah tipe badan yang sulit membakar lemak. 

Jika orang yang memiliki tipe badan ini, maka dibutuhkan olahraga yang sangat keras untuk membakar lemak. Hal ini dikarenakan tipe badan endomorph mudah gemuk. Artinya, tipe badan ini memiliki kadar lemak dalam tubuh yang tinggi. 

Kalau anda memiliki tipe badan endomorph, dibutuhkan usaha yang lebih keras untuk membakar lemak. Bagi tipe badan endomorph, dibutuhkan banyak latihan kardio untuk membakar lemak. Namun, keuntungan tipe badan ini adalah lebih mudah untuk melakukan bulking, karena tipe badan endomorph memiliki struktur tulang yang besar. 

ECTOMORPH

Ectomorph adalah tipe tubuh yang sedikit menyimpan lemak di tubuh. Dengan kata lain, tipe badan ini adalah tipe badan kurus. Orang yang memiliki tipe badan ectomorph biasanya sulit gemuk walaupun suka makan dalam porsi yang besar. 

Tipe badan ectomorph memiliki struktur tulang yang kecil, dan pinggang serta lengan yang kecil. Orang yang memiliki tipe badan ini, membutuhkan usaha yang jauh lebih keras untuk membentuk otot-otot tubuhnya. Hal ini dikarenakan orang memiliki badan kurus susah untuk membesarkan badan dengan cepat.

Metabolisme tubuh yang tidak mudah menyimpan lemak dalam jumlah besar, biasanya mengharuskan tipe badan ectomorph untuk konsumsi makanan-makanan bulking (seperti daging, susu tinggi protein). Kelebihan tipe badan ini adalah tidak perlu melakukan terlalu banyak latihan kardio, karena pada dasarnya tipe badan ectomorph tidak menyimpan banyak lemak dalam tubuhnya.

MESOMORPH

Mesomorph nama lainnya adalah tubuh atletis. Beruntunglah anda jika memiliki tubuh mesomorph, karena tipe tubuh ini memang sudah terbentuk dengan baik tanpa melalui proses latihan di tempat gym. Ciri-ciri tipe tubuh mesomorph adalah memiliki lengan, bahu yang bidang serta pinggang yang rata. 

Tubuh mesomorph dapat dengan mudah dan cepat membakar lemak dan membentuk otot-otot tubuhnya. Intinya, tipe badan mesomorph ini adalah diantara ectomorph dan endomorph.

Anda termasuk tipe badan yang mana?

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik