Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Saturday, May 5, 2018

Perbedaan Bulking Bersih Vs Bulking Kotor

Salah satu program membentuk otot yang seringkali dilakukan adalah program bulking. Secara sederhana bulking merupakan program untuk menambah berat badan, agar tubuh terlihat lebih tegap dan lebih berisi. Kalau anda ingin tahu lebih dalam tentang bulking, saya pernah bahas disini: Perbedaan Bulking dan Cutting. 

Bulking biasanya sering dilakukan oleh orang yang memiliki tipe badan ectomorph atau berbadan kurus. Namun bulking juga sering dilakukan oleh orang-orang yang bertubuh normal (tidak terlalu kurus), demi menambah masa otot agar terlihat lebih tegap dan keren tentunya. 

Bulking sendiri sebenarnya bisa kita bedakan menjadi 2, yaitu bulking bersih dan bulking kotor. Apa perbedaan keduanya? Mana yang benar untuk dilakukan, bulking bersih atau bulking kotor?

BULKING KOTOR 

Prinsip dalam bulking adalah selain kita menambah beban latihan, kita harus makan lebih banyak. Karena dengan asupan makanan yang lebih banyak, berat badan akan bertambah. 

Tapi banyak orang yang saah mengartikan bulking berarti boleh makan sepuasanya, semaunya. Ini adalah anggapan yang salah. Apabila anda makan berlebihan, dan makan makanan yang tidak mengandung gizi serta protein, maka yang terjadi adalah berat badan anda memang naik, tapi anda akan cenderung gemuk. 

Salah satu faktor kegagalan dalam bulking adalah karena para gym mania banyak makan karbohidrat, makan-makanan yang manis (seperti cokelat, kue tart) dalam porsi yang besar, sehingga dengan cara seperti ini anda akan mendapatkan bulking kotor. 

Dengan bulking kotor, anda lengan, dada, bahu anda mungkin akan terlihat lebih besar, tetapi otot anda tidak akan terlihat kering, dan biasanya pada buking kotor, perut akan terlihat buncit. 

BULKING BERSIH 

Bulking bersih prinsipnya hampir sama dengan bulking kotor, hanya bedanya pada buking bersih anda memiliki pola makan yang lebih teratur. Tidak semua jenis makanan anda konsumsi, yang berpotensi meningkatkan berat badan secara drastis.  

Dengan demikian, pada bulking bersih anda konsumsi makanan-makanan yang mengandung protein, nutrisi yang bisa menunjang pembentukan otot, ditambah dengan peningkatkan intensitas latihan beban.

Sehingga pada bulking bersih otot anda akan terlihat kering (lean), dan walaupun berat badan anda naik, tetapi anda memiliki otot perut yang lebih terlihat / sixpack, dibandingkan mereka yang melakukan bulking kotor.  

Jadi mana yang seharusnya dilakukan? Bulking bersih atau bulking kotor? 

Dari apa yang sudah saya paparkan tadi, kita bisa menyimpulkan bahwa secara umum, bulking yang benar adalah bulking bersih, bukan bulking kotor, karena bulking bersih berarti anda mengatur pola makan anda dengan lebih baik. 

Dan dengan demikian, anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan optimal dengan melakukan bulking bersih. Sebagai gambaran, berikut ini adalah contoh perbandingna bulking kotor vs bulking bersih. 


Pada gambar dibawah kita bisa melihat bahwa hasil dari bulking bersih (clean bulk) jauh lebih bagus dan terbentuk dibandingkan bulking kotor (dirty bulk). So, kalau anda mau bulking, sekarang saatnya anda mengatur pola makan dengan benar, selain berlatih.

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik