Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, November 15, 2017

Kombinasi Latihan Otot yang Benar - Tips Fitness

Ketika anda menjalankan program fitness, anda harus memahami kombinasi latihan otot yang benar. Kombinasi latihan otot yang benar akan mengarahkan anda pada hasil yang bagus. Tapi yang jadi persoalan, kombinasi latihan otot yang benar itu yang seperti apa? Otot2 apa yang harus dilatih terlebih dahulu? Otot-otot mana yang lebih penting dibandingkan lainnya? Kombinasi latihan apa yang tidak disarankan? 

Pertanyaan2 ini juga sering ditanyakan pada blog Program Latihan Fisik ini. Kombinasi latihan otot yang benar sebenarnya adalah dengan menggabungkan latihan otot besar dan otot kecil pada satu hari latihan. Baca juga: Melatih Secara Sempurna Otot Kecil dan Otot Besar. 



Sekedar me-reivew kembali, otot kecil adalah otot lengan (bicep dan tricep) dan otot perut. Otot besar adalah otot punggung, otot dada, otot kaki, otot bahu. Jadi dalam satu hari latihan ada baiknya ketika anda melatih otot kecil misalnya bicep, anda harus mengkombinasikan dengan latihan otot besar, misalnya dengan otot dada. 

[Catatan: Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan latihan-latihan fitness, latihan untuk membentuk otot di rumah, bodyweight, anda bisa tonton video-video saya di channel Youtube: Born2Fit By El.]

Dalam satu hari latihan, tidak disarankan hanya melatih otot kecil saja atau cuma melatih otot besar. Kombinasi ini akan menghasilkan hasil yang baik, karena ingat, SEMUA JENIS OTOT HARUS DILATIH. Banyak

Berikut contoh kombinasi latihan fitness yang benar: 

Senin: Bicep, dada, abs 

Selasa: Tricep, punggung 

Rabu: Bahu, kaki, abs

Kamis: Biceps, dada, abs 

Jumat: Bahu, kaki, abs

Sabtu: Kardio

Minggu: Rest 

Itu hanyalah contoh saja. Intinya, kalau anda lihat program diatas, semua otot dilatih dan menu latihan yang ada semuanya adalah menu kombinasi dari otot besar dan otot kecil. Usahakan untuk melatih maksimal 3 jenis otot dalam sehari, jangan lebih dari 3 jenis otot dan jangan kurang dari 2 jenis latihan untuk setiap bagian otot.  

Dalam sehari, anda juga tidak disarankan untuk melatih otot besar saja, misalnya anda hanya ingin melatih otot punggung, bahu, dan kaki. Otot besar membutuhkan tenaga yang lebih banyak dalam gerakan, sehingga jika anda hanya latihan otot besar, maka tenaga anda akan banyak terkuras, yang pada akhirnya membuat anda cepat capek dan tidak mampu melakukan angkatan beban lebih maksimal. 

Selain itu, otot besar biasanya merupakan gerakan kombinasi. Artinya begini, ketika anda latihan otot dada dengan bench press, maka otot tricep anda ikut bekerja. Ketika anda melatih otot punggung, otot bahu dan otot lengan anda secara tidak langsung juga ikut terkena. Ketika otot besar bekerja, otot kecil juga terkena dampaknya. 

Jadi jauh lebih baik jika anda memaksimalkan latihan otot besar dengan otot kecil, supaya otot kecil anda juga mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam satu hari latihan. 

Sedangkan ada beberapa kombinasi yang tidak disarankan  atau beberapa mitos dalam latihan fitness

1. Melatih otot yang sama setiap hari 

Dalam kombinasi latihan fitness tidak disarankan untuk melatih otot yang sama setiap hari. Misalnya hari senin sampai rabu anda melatih otot punggung. Hal ini tidak baik untuk perkembangan otot karena otot juga membutuhkan istirahat, agar anda bisa melatihnya dengan maksimal setelah masa istirahat tersebut. Istirahatkan otot anda maksimal 24-48 jam.  

2. Melatih otot bicep dan tricep secara bersamaan

Banyak yang mengatakan bahwa otot bicep dan otot tricep tidak boleh dikombinasikan dalam satu hari. Mitos ini salah. Otot bicep dan tricep bisa dilatih bersamaan, namun cobalah untuk menambahkan satu menu latihan otot besar lainnya seperti otot kaki. Mengapa saya mengatakan otot bicep dan tricep boleh dilatih bersamaan? Baca jawabannya: Bolehkah Melatih Otot Bicep dan Tricep secara Bersamaan? 

3. Terlalu lama istirahat / mengistirahatkan otot tertentu 

Seperti yang saya katakan di poin satu, otot anda sebaiknya beristirahat maksimal 24-48 jam. Jangan melakukan kombinasi latihan dengan melakukan jeda istirahat terlalu lama. Misalnya hari senin anda melatih otot bicep. Kemudian anda baru melatihnya lagi di hari jumat. Hal ini tidak baik untuk perkembangan otot anda, karena otot anda butuh untuk dipacu terus agar bisa berkembang. 

Dengan melakukan langkah2 tersebut, maka anda bisa menghasilkan kombinasi latihan otot yang benar. Selamat mencoba dan salam sehat. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik