Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Sunday, March 12, 2017

Perbedaan Set dan Repetisi dalam Olahraga

Dalam dunia olahraga, anda akan sering mendengar istilah REPETISI dan SET. Olahraga push up, angkat beban, pull up, sit up seringkali dibumbui dengan istilah set dan repetisi. Nah, sebenarnya apa perbedaan set dan repetisi? Mari kita bahas di pos ini. 

REPETISI

Repetisi berasal dari Bahasa Inggris, yaitu "repetition" atau biasa disingkat "reps" yang artinya pengulangan. Pengulangan terhadap gerakan yang sama tanpa adanya jeda / istirahat.  Sebagai contoh, anda melakukan sit up sebanyak 20 kali, artinya anda melakukan repetisi sit up sebanyak 20 kali.

Tetapi, jika gerakan sit up anda terdapat jeda (tidak langsung sit up 20 kali), misalnya sit up 20 kali tetapi dibagi menjadi beberapa jeda istirahat, maka itu namanya bukan repetisi. Ingat, repetisi dilakukan tanpa jeda istirahat.  

SET

Set merupakan pengulangan dari repetisi. Misalnya, anda melakukan 20 kali sit up kemudian anda beristirahat. Itu berarti anda sudah melakukan 1 set sit up. Jika anda melakukan lagi 20 kali sit up dan kemudian anda beristirahat, artinya anda sudah melakukan 2 set sit up. 

Untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut tentang praktik set dan repetisi, teman-teman juga bisa tonton videonya berikut ini: 


[Catatan: Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan latihan-latihan fitness, latihan untuk membentuk otot di rumah, bodyweight, anda bisa tonton video-video saya di channel Youtube: Born2Fit By El.]

Nah, itulah perbedaan antara set dan repetisi. Sudah paham?

Bagaimana Repetisi dan Set yang Baik?

Terlalu banyak repetisi dalam olahraga kurang baik, karena hal ini menunjukkan bahwa beban yang anda angkat terlalu ringan. Demikian juga, set terlalu banyak juga kurang efektif. Jadi, set dan repetisi mana yang baik?

Prinsipnya, semakin berat beban yang anda angkat, maka semakin sedikit repetisi. Semakin ringan, maka semakin banyak repetisi. Namun, beban yang terlalu ringan juga kurang efektif dalam membentuk otot. Idealnya, beban yang sedang bisa diangkat dengan repetisi 8-12 kali dengan jumlah 3-5 set.

Sedangkan, beban yang sangat berat, bisa diangkat dengan 4-5 repetisi dengan 3 kali set. Lalu, beban yang ringan bisa diangkat dengan 15-25 repetisi dengan 3-5 set. Aturan baku mengenai jumlah set dan repetisi yang benar2 ideal sebenarnya tidak ada, karena hal ini disesuaikan dengan kemampuan fisik masing2 orang. 

Untuk menambah jumlah set dan repetisi yang ideal, anda harus terus melatih otot-otot tubuh anda dengan baik, agar bisa menghasilkan tubuh yang ideal. 

1 komentar:

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik