Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Monday, December 25, 2017

Belajar Push Up yang Benar untuk Pemula

Push up adalah olahraga yang sangat bagus untuk membentuk otot. Kalau anda rajin melakukan olahraga push up, anda pasti tahu manfaat yang anda rasakan dengan olahraga push up. Push up bahkan juga bagus untuk membentuk otot perut anda, bukan hanya upper body. Baca juga: Otot-otot yang Dilatih Saat Push Up. 

Gerakan dalam olahraga push up sangatlah simpel dan push up tidak membutuhkan alat apapun untuk melakukannnya. Hal ini yang membuat push up menjadi olahraga yang sangat populer bagi kebanyakan orang. 

Tapi tidak semua orang bisa melakukan gerakan push up dengan benar. Push up yang tidak benar justru tidak akan membuat masa otot anda berkembang dengan maksimal. Kalau anda sekarang sedang ingin belajar push up, maka anda harus paham bagaimana cara melakukan push up dengan gerakan yang benar dan maksimal. 

Berikut adalah langkah2 belajar push up untuk pemula: 

1. Gerakan yang benar 


Push up yang benar berarti posisi punggung anda harus lurus, kedua tangan anda harus berada dalam tegak dan lurus. Jika anda push up dengan punggung yang bengkok, dan tangan anda tidak lurus, maka gerakan push up anda salah. Ini adalah posisi awal ketika anda melakukan push up.  

2. Perhatikan dada dan siku anda ketika melakukan gerakan "push".

Ketika anda menurunkan badan anda, perhatikan posisi dada dan dagu anda. Posisi dada dan dagu harus sedikit mendekati atau hampir menyentuh lantai. Kalau posisi dada anda masih terlalu jauh dari lantai, artinya push up anda belum maksimal. Hal ini bisa memperlambat otot anda untuk tumbuh lebih cepat. 

Kemudian, perhatikan juga siku anda. Ketika menurunkan tubuh, siku anda harus berada dalam posisi turun hingga membentuk sudut 90%. Jika siku anda masih belum turun sepenuhnya (membentuk sudut 90%), maka push up anda masih belum maksimal. 

Setelah anda menurunkan badan anda (push), anda harus kembali ke posisi semula (up). Ketika anda kembali ke posisi semula, tangan anda harus dalam posisi lurus kembali dan punggung tegak. Dengan cara ini, anda bisa melakukan full push up.  

Kalau anda belum kuat melakukan push up dalam jumlah yang banyak, anda bisa melakukan secara bertahap, mulai 5 kali push up dan tambah terus jumlah repetisi push up anda. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik