Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Tuesday, December 12, 2017

Berapa Repetisi Push Up yang Baik?

Push up adalah olahraga yang sangat umum dan familiar untuk dilakukan oleh semua kalangan. Push up memiliki banyak kelebihan, disamping karena olahraga ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan alat apapun, push up bisa dilakukan di rumah dan push up bisa membentuk seluruh upper body anda. Baca juga: Otot-otot yang Dilatih Saat Push Up. 

Sedangkan di dalam olahraga fisik, termasuk push up, kita pasti sering mendengar istilah repetisi. Jika anda belum tahu apa itu repetisi, baca pos: Perbedaan Set dan Repetisi. Banyak pertanyaan tentang: Berapa repetisi push up yang baik? Apakah sebaiknya melakukan push up dengan sedikit reptisi atau dengan repetisi yang banyak?

Rekan-rekan yang belum paham mengenai istilah set dan repetisi, rekan2 bisa tonton penjelasannya di video berikut:


[Catatan: Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan latihan-latihan fitness, latihan untuk membentuk otot di rumah, bodyweight, anda bisa tonton video-video saya di channel Youtube: Born2Fit By El.]

Sebelum saya menjelaskan tentang berapa jumlah repetisi push up yang baik, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis repetisi dalam push up. Repetisi dalam push up sebenarnya bisa dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Push up dengan repetisi cepat

Push up dengan repetisi cepat umumnya dilakukan pada saat anda tidak melakukan gerakan full push up. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh gerakan full push up dibawah ini: 



Gerakan full push up dilakukan saat anda melakukan gerakan "push" dengan posisi dada menyentuh / hampir menyentuh lantai. Sedangkan saat anda melakukan gerakan "up" / menaikkan kembali posisi badan anda, posisi siku anda lurus tidak boleh menekuk. 

Nah, kalau gerakan half push up adalah gerakan push up yang dilakukan saat anda melakukan "up" dengan siku yang tidak 100% lurus alias masih terlihat setengah menekuk.

Gerakan push up yang dilakukan dengan setengah ini biasanya dilakukan dengan repetisi cepat dan banyak. Tujuannya adalah untuk mempertahankan masa otot dan lebih kearah cutting. Apakah push up dengan repetisi cepat bisa membesarkan otot? Jawabannya bisa. Tapi kalau anda ingin membesarkan otot, push up dengan repetisi lambat lebih cepat meningkatkan masa otot. 

2. Push up dengan repetisi lambat 

Push up dengan repetisi lambat umumnya dilakukan ketika anda melakukan push up full. Dengan repetisi lambat dan push up full, maka masa otot anda akan lebih terbentuk. Push up inilah yang ditujukan untuk membentuk atau membesarkan masa otot. 

Lalu, berapa repetisi push up yang baik? 

Repetisi push up yang baik semuanya tergantung dan semuanya harus dilakukan secara bertahap. Ada baiknya, anda mulai mencoba melakukan full push up, dengan repetisi yang lebih lambat, karena full push up ini adalah sebagai gerakan dasar push up agar anda bisa melakukan gerakan push up yang benar. 

Kalau anda belum kuat push up, berikut repetisi push up yang saya sarankan pada anda: 

Push up 5 kali

Push up 10 kali

Push up 15 kali

Push up 20 kali

Push up 25 kali

Push up 30 kali

Dan seterusnya....

Jadi, contoh push up diatas adalah lakukan push up sebanyak 5 repetisi. Kalau anda sudah kuat push up sebanyak 5 repetisi, tingkatkan repetisi anda sebanyak 10 kali dan seterusnya. Intinya, tingkatkan terus sebanyak 5 repetisi. 

Kalau anda sudah kuat push up dan ingin membentuk otot dengan push up, lakukan push up setidaknya 15 repetisi dalam 5-6 set. Push up dengan metode ini lebih mampu untuk merangsang otot anda. 


[Catatan: Untuk anda yang ingin mendapatkan panduan latihan-latihan fitness, latihan untuk membentuk otot di rumah, bodyweight, anda bisa tonton video-video saya di channel Youtube: Born2Fit Fit.]

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik