Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Tuesday, July 31, 2018

Core Muscle: Panduan Latihan Ab Wheel Rollout

Halo rekan-rekan salam olahraga. Kembali lagi bertemu dengan saya Program Latihan Fisik. Di postingan ini, saya akan membahas sedikit banyak tentang alat latihan ab wheel rollout. Ya, ab wheel rollout ini adalah latihan yang sangat bagus untuk membentuk seluruh upper body anda, terutama core muscle. 

Core muscle / latihan otot inti sangat penting dalam program latihan fisik anda karena kunci untuk membentuk perut sixpack adalah anda harus rajin melatih core muscle. Latihan core muscle yang akan saya bahas disini adalah latihan menggunakan ab wheel rollout. Sebelumnya, saya sudah pernah membahas tentang gerakan2 latihan menggunakan ab wheel rollout ini. Anda bisa baca lagi tulisan saya disini: 5 Gerakan Latihan Ab Wheel Roller. 

Di pos saya ini, saya akan lebih menjelaskan tentang praktik dan cara menggunakan alat latihan ab wheel rollout untuk membentuk core muscle dengan baik. O iya, berikut adalah penampakan alat ab wheel rollout: 

Kalau anda ingin memiliki alat ini, anda bisa menemukannya di toko terdekat. Banyak kok yang jual alat ab wheel rollout ini. Di Ace Hardware, Gramedia atau toko olahraga terdekat biasanya menjual alat latihan tersebut. Mengingat bentuknya yang minimalis, ab wheel rollout juga sangat cocok digunakan untuk latihan home gym, karena tidak membutuhkan banyak ruang dan tempat. 

Seperti yang saya jelaskan di pos sebelumnya, ada banyak variasi latihan yang bisa anda lakukan dengan ab wheel rollout tersebut. Salah satunya adalah: Kneeling ab wheel rollout. Sesuai namanya, kneeling ab wheel berarti gerakan ini dilakukan dengan cara berlutut. 

Ab wheel yang dilakukan dengan cara berlutut lebih mudah ketimbang standing ab wheel rollout. Gerakan ini bisa anda lakukan jika anda masih belum kuat melakukan standing ab wheel rollout. 

Sekarang anda bisa tonton video tutorial cara menggunakan kneeling ab wheel rollout dibawah ini untuk membentuk core muscle anda: 

Ab wheel roller

Sudah tonton videonya sampai habis? Langkah awal melakukan gerakan kneeling ab wheel rollout dilakukan dengan posisi berlutut dan punggung harus tegak. Kemudian majukan ab wheel rollout kedepan sampai kedua tangan anda lurus / mencapai gerakan maksimal. 

Jika masih belum jelas, tonton lagi videonya. Posisi tangan untuk gerakan ab wheel yang benar / sempurna harus berada lurus kedepan sampai maksimal atau mentok. Jadi kalau posisi tangan anda masih setengah dan belum lurus sepenuhnya, maka gerakan ab wheel anda masih belum sempurna. 

Semakin sempurna gerakan anda, core muscle anda akan terbentuk dengan lebih baik dan core muscle anda akan terasa bekerja lebih keras. Untuk tahapan awal, anda bisa mencoba 5 repetisi dulu. 

Jika anda sudah kuat melakukan 5 repetisi dengan sempurna, tambah terus repetisi anda, dan tambah juga jumlah set. Jika anda biasanya melakukan gerakan ini 5 repetisi denagan 1 set, maka ketika anda sudah kuat anda bisa melakukan 10 repetisi dengan 2-3 set. 

Itulah panduan cara menggunakan ab wheel rollout / kneeling ab wheel rollout. Latihan ini bukan hanya ditujukan pria, namun wanita juga bisa melakukan latihan ini, karena core muscle adalah otot yang penting untuk anda latih. 

Selamat mencoba.. Salam olahraga. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik