Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Sunday, March 19, 2017

Latihan Push Up Satu Tangan

Olahraga push up adalah olahraga yang umum dan olahraga ini adalah olahraga yang paling populer, serta selalu ada dalam menu cabang olahraga manapun. Saya sudah pernah membahasnya disini: Otot-otot yang Dilatih Saat Push Up. Tapi, kalau kita sudah terbiasa melakukan olahraga push up, rasanya bosan sekali push up dengan gaya yang sama.

Oleh karena itu, saya coba mengembangkan latihan push up satu tangan (one hand push up). Latihan push up satu tangan tidak semua orang bisa melakukannya, dan dibutuhkan latihan rutin untuk bisa push up satu tangan. Awalnya saya sama sekali nggak bisa push up satu tangan. Namun, syukurlah sekarang sudah terbiasa melakukan push up satu tangan. 

Dibawah ini sedikit video latihan push up satu tangan saya.  



Kalau anda sekarang sedang mencoba mengembankan variasi gerakan latihan push up, ada baiknya anda mencoba variasi latihan push up satu tangan. Agar anda bisa melakukan push up satu tangan, cobalah beberapa tips yang saya gunakan.  

1. Harus bisa melakukan push up reguler

Push up reguler berarti adalah gerakan push up biasa (yang dilakukan dua tangan). Jangan pernah ngotot mencoba latihan push up satu tangan kalau push biasa saja anda belum bisa melakukan. Atau, anda hanya bisa melakukan push up sebanyak 10 kali repetisi saja dalam satu set. Maka, jangan berharap anda bisa push up satu tangan.

Push up satu tangan ini cukup berat karena kita hanya menggunakan satu tangan kita melakukan gerakan mendorong (push) dengan menopang seluruh berat tubuh kita. So, kalau anda ingin bisa push up satu tangan dengan lancar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berlatihlah terus push up reguler sebanyak mungkin, sampai anda benar2 terbiasa melakukan push up

2. Kembangkan terus kemampuan push up anda

Kalau anda sudah bisa push up reguler, anda harus terus mengembangkan jumlah repetisi anda. Jika sebelumnya anda bisa melakukan 30 kali push up, cobalah untuk menambah repetisi push up menjadi 45 kali, 55 kali, dan seterusnya. Intinya, teruslah push up sampai otot2 lengan anda benar2 terbiasa melakukan push up. 

3. Mulai coba push up satu tangan dengan "alat bantu"

Setelah anda sudah terbiasa push up, coba anda mulai melakukan push up satu tangan namun dengan bantuan satu tangan lainnya yang tidak push up berpegangan pada kursi atau benda lainnya di sekitar anda. Inilah yang dinamakan dengan push up satu tangan dengan "alat bantu". Istilahnya dalam bahasa Inggris: One hand assisted push up. 

Mengapa anda perlu ada "alat bantu"? Karena kalau anda langsung melakukan push up satu tangan, rasa2nya masih berat untuk dilakukan, apalagi jika anda belum pernah melakukan push up satu tangan. Selama dalam proses melakukan latihan push up satu tangan, jangan lupa untuk terus memantau perkembangan anda. Dan jangan lupa untuk terus latihan push up reguler untuk memperkuat dan membiasakan otot2 lengan. 

Berikut adalah penampakan one hand assisted push up.











4. Cobalah mulai latihan push up satu tangan

Kalau anda sudah mencoba push up satu tangan dengan "alat bantu", anda baru bisa coba mulai latihan push up satu tangan secara penuh. Terus coba latihan push satu tangan, dan pantau progress anda. Kalau hari ini anda bisa push up satu tangan sebanyak satu kali saja, cobalah untuk berlatih terus.   



One Hand Push Up









Tahapan cara inilah yang saya gunakan ketika saya melatih variasi olahraga push up. Selamat mencoba dan salam hidup sehattt...

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik