Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Tuesday, July 4, 2017

Manfaat Push Up Secara Rutin yang Perlu Anda Ketahui

Olahraga push up saya rasa sudah tidak asing lagi di telinga para olahraga mania. Olahraga push up adalah jenis olahraga bodyweight (yang mengandalkan berat tubuh kita sendiri), sangat simpel, efektif dan populer. Bicara soal olahraga push up, saya pernah membahas olahraga push up dan variasi latihanya disini: Variasi Latihan Push Up untuk Membentuk Otot Dada, Push Up dan Variasi Latihan Push Up.


Sumber gambar: https://www.t-nation.com

Olahraga push up bisa dilakukan di mana saja. Anda juga tidak memerlukan peralatan apapun untuk melakukan push up. Push up terdiri dari berbagai macam variasi gerakan yang dapat membentuk tubuh bagian atas (upper body). Olahraga push up mungkin terkesan simpel. Tetapi tahukah anda apabila push up dilakukan secara rutin, anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa. 

Ada 4 (empat) manfaat push up secara rutin yang perlu anda ketahui. Simak manfaat-manfat olahraga push up:

1. Menguatkan tulang

Push up yang dilakukan secara rutin dapat menguatkan tulang-tulang persendian, tulang di sekitar pergelangan tangan (forearm) dan khususnya otot lengan. Karena olaharaga push up mengandalkan berat tubuh anda sendiri sebagai beban, jika anda terus melakukan push up, tulang2 anda akan menjadi terbiasa melakukan gerakan olahraga.

2. Meningkatkan stamina daya tahan


Push up merupakan gerakan mendorong tubuh anda yang dilakukan secara berulang. Memang dengan melakukan push up secara rutin tidak akan memperbesar masa otot anda secara signifikan seperti para bodybuilder yang melakukan latihan angkat besi di tempat fitness.

Akan tetapi, karena push up merupakan gerakan yang dilakukan secara berulang dengan repetisi yang banyak, push up dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda dan meningkatkan stamina. Olahraga push up yang dilakukan secara rutin terutama berguna ketika anda mengangkat beban yang sama dalam waktu yang lama

Misalnya: Pernahkan anda perhatikan seorang kuli yang terus menerus mengangkat beban tanpa terlihat capek? Mengapa seorang kuli bisa melakukan itu? Karena mereka setiap hari mengangkat sesuatu (entah batu bata atau benda2 lainnya) dengan berat yang sama, dan dilakukan terus secara berulang kali.  

Sama dengan olahraga push up. Ketika anda terbiasa melakukan push up, daya tubuh anda akan berdaptasi, dan anda akan lebih mampu untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat dalam jangka waktu yang lebih lama.  

3. Memperkuat dan menebalkan otot 

Seperti yang saya jelaskan di poin kedua, push up memang tidak bisa meningkatkan masa otot secara cepat dan signifikan. Meningkatkan masa otot melalui olahraga push up harus dilakukan secara bertahap dan tidak dapat membesarkan otot secepat jika anda berlatih di tempat gym.

Namun, push up yang dilakukan secara rutin dan jika anda melakukan bermacam variasi push up, olahraga push up dapat memperkuat dan menebalkan otot-otot tubuh anda. Program latihan push up lebih bertujuan untuk membuat otot anda lebih lean (kering dan pecah). 

Olahraga push up sangat bagus dilakukan dalam program latihan cutting untuk memperjelas definisi masa otot. Selain itu, push up dapat menebalkan otot lengan, bahu dan otot dada bagi anda yang memiliki tubuh kurus (ectomorph). Baca juga: Perbedaan Tipe Badan Endomorph, Ectomorph, dan Mesomorph

4. Menjaga masa otot lebih lama


Berlatih push up secara rutin dibandingkan dengan berlatih angkat beban secara rutin ternyata memberikan hasil yang berbeda, terutama dalam ham menjaga masa otot. Berlatih angkat beban memang dapat membentuk otot lebih cepat, tetapi apabila anda tidak melakukan latihan angkat beban lagi, maka dalam jangka waktu cepat masa otot anda akan segera menyusut.

Hal ini berbeda jika anda melakukan olahraga push up secara rutin. Push up yang dilakukan secara rutin lebih mampu menjaga awet masa otot anda. Walaupun anda tidak melakukan push up, masa otot anda akan terjaga lebih lama. Dengan olahraga bodyweight (push up), otot anda akan lebih awet karena push up adalah olahraga yang "lebih murni", yaitu dengan mengandalkan berat badan anda sendiri. 

Jadi, itulah keempat manfaat push up yang perlu anda ketahui. Mulai sekarang, lakukanlah push up secara rutin dan rasakan manfaat yang anda dapatkan dari olahraga push up. No Gym, No Problem!




0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik