Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, October 18, 2017

Jenis-jenis Peralatan Tinju (Boxing Equipment)

Olahraga tinju adalah salah satu olahraga yang multifungsi. Olahraga tinju selain menguatkan tubuh anda, tinju juga dapat meningkatkan konsentrasi serta sangat bagus untuk latihan kardio (menurunkan berat badan). Olahraga tinju bisa membuat tubuh anda menjadi lentur karena olahraga tinju mengharuskan anda untuk banyak bergerak. 

Nah, dalam olahraga tinju ini anda juga membutuhkan peralatan-peralatan yang bisa menunjang latihan tinju anda. Peralatan2 untuk olahraga tinju ini juga bisa anda gunakan untuk home gym alias untuk latihan otodidak di rumah. 

Berikut adalah jenis-jenis peralatan olahraga tinju:  

1. Head guard (pelindung kepala) 

Pelindung kepala digunakan ketika anda melakukan latihan sparring dengan rekan anda. Pelindung kepala bertujuan untuk melindungi kepala anda dari benturan akibat pukulan, sehingga tidak mengakibatkan cedera pada kepala. 

2. Sarung tinju 

Sarung tinju adalah peralatan tinju utama yang harus anda miliki, karena fokus olahraga tinju adalah meninju target, maka anda harus memiliki sarung tinju. Sarung tinju digunakan untuk melindungi tangan anda agar buku jari tidak cedera ketika meninju target. 

3. Samsak tinju 


Samsak tinju adalah alat utama yang anda butuhkan untuk olahraga tinju yang berfungsi sebagai target pukul. Tanpa adanya samsak tinju, latihan tinju anda pasti tidak lengkap, karena samsak tinju memiliki berbagai fungsi yaitu untuk melatih kecepatan, target dan kekuatan pukulan.

4. Alat skipping 

Alat skipping berguna untuk melatih kekuatan dan kelenturan kaki. Alat ini sangatlah dibutuhkan dalam olahraga tinju. Selain itu, skipping juga bertujuan sebagai latihan kardio. Baca juga: Manfaat Lompat Tali Secara Rutin. 

5. Mouth guard (pelindung gigi) 
Pelindung gigi dibutuhkan ketika anda melakukan spparing partner. Jadi, ketika sparring partner anda tidak hanya menggunakan pelindung kepala, namun anda juga harus menggunakan pelindung gigi untuk keamanan. 

6. Punching pad 
Punching pad merupakan target pukul. Namun penggunaannya, anda harus memiliki partner yang bertugas memegang punching pad, dan anda yang memukul punching pad tersebut. Punching pad digunakan untuk mengasah pukulan. 

7. Hand wrap 

Hand wrap digunakan untuk membalut sekitar kepalan tangan anda. Tujuannya adalah untuk melindungi tangan anda dari cedera benturan ketika anda sedang meninju target. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik