Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, May 31, 2017

Cara Cepat Menghilangkan Lemak Di Pinggang + Tutorial

Lemak di pinggang merupakan suatu momok, baik bagi pria maupun wanita. Adanya lemak di pinggang yang menggelambir memang cukup membuat sebagian dari kita tidak nyaman. Seringkali ketika sudah mencoba untuk diet, tetapi lemak di pinggang tetap sulit untuk dihilangkan. 

Lemak di pinggang / pinggul memang merupakan lemak yang sulit untuk dieliminasi dari tubuh anda. Lebih mudah untuk menghilangkan lemak di perut ketimbang lemak di pinggang samping.  

Bukan hanya soal penampilan, adanya timbunan lemak di pinggang biasanya menyebabkan celana yang anda pakai menjadi terlalu sempit. Hal ini tentu juga merugikan untuk anda. Oleh karena itu, agar dapat menghilangkan lemak di pinggang, berikut adalah hal-hal yang harus anda lakukan secara rutin:

1. Kardio dan membentuk otot pinggang secara rutin

Ada latihan kardio dan pembentukan otot pingang yang dilakukan secara khusus. Berikut gerakan2 yang bisa anda lakukan untuk mengecilkan pinggang:

Hip Trust
Sumber gambar: http://www.iachiropractic.com

Hip trust adalah gerakan mengangkat tubuh anda menggunakan punggung. Dengan posisi kedua tangan menyentuh lantai dan kedua kaki rapat menyentuh lantai (seperti gambar diatas). Lalu, naikkan perut dan pinggang anda. Gerakan ini terasa efeknya ke pinggang, sehingga dapat membuat pinggang maupun perut lebih rata.  

Side plank

Sumber gambar: http://img.webmd.com


Side plank merupakan gerakan untuk membentuk otot pinggang dan perut bagian samping. Tahap pelaksanannya adalah berbaring dengan posisi menyamping. Kemudian satu tangan menyentuh lantai dan satu tangan memegang pinggang. Gerakkan pinggul anda naik-turun dan ulangi gerakan tersebut. Gerakan side plank sangat efektif untuk merampingkan pinggang 

Olahraga lari

Sumber gambar: https://static.garmincdn.com

Lari merupakan olahraga kardio paling efektif yang bisa mengecilkan perut sekaligus pinggang. Jika lemak di pinggang anda menumpuk, salah satu cara efektif untuk membakar lemak adalah dengna olahraga lari. Lari yang efektif adalah lari jarak menengah 5-10 km, kemudian lari sprint 200-400m. Baca juga: Jangan Membenci Olahraga Lari

Side mountain climber

Sumber gambar: s-media-cache-ak0.pinimg.com

Side mountain climber adalah olahraga kardio yang bertujuan mengecilkan otot pinggang. Gerakan olahraga ini banyak terdapat dalam menu olahraga freeletics. 

Tidak semua latihan kardio berfokus 100% pada latihan mengecilkan dan membentuk pinggang. Beberapa jenis latihan diatas adalah jenis-jenis latihan yang fokus untuk menghilangkan lemak di pinggang. 

2. Hindari makanan berlemak tinggi

Makanan berlemak tinggi yang mengandung banyak minyak seperti gorengan, dan juga makanan yang mengandung banyak mentega mengandung banyak lemak jenuh. Jenis2 makanan tersebut dapat membuat pinggang maupun perut lebih cepat melar. Gantilah makanan2 berlemak tinggi dengan makanan2 sehat, seperti kacang almond, buah2-an, oatmeal, jus buah dan berbagai menu makanan sehat lainnya. 

3. Banyaklah bergerak 

Banyak beraktivitas dan menggerakkan tubuh jauh lebih baik daripada anda hanya sekedar duduk atau tidur2-an. Setelah makan, ada baiknya anda berjalan atau berdiri paling tidak 5-15 menit untuk menurunkan lemak. Atau, setelah lari pagi dan setelah sarapan, ada baiknya anda tidak langsung tidur. 

Cobalah untuk melakukan aktivitas seperti berkebun, mencuci sepeda motor atau aktivitas2 lainnya yang membutuhkan gerak. Sedikit bergerak merupakan salah satu penyebab utama lemak di pinggang menumpuk. 

4. Hindari makan camilan diatas jam 6 sore 

Camilan-camilan ringan seperti keripik kentang, snack, kue, roti berpotensi membuat pinggang anda lebih cepat berlemak apabila anda sering mengonsuminya diatas jam 6 sore. Hal ini dikarenakan seseorang biasanya tidak memiliki banyak aktivitas gerak setelah diatas jam 6 sore. 

Selain itu, sore menjelang malam biasanya sudah mendekati jam tidur. Banyak makan camilan diatas jam 6 sore membuat proses pembakaran lemak menjadi lebih lama, dan akhirnya lemak cepat menumpuk di pinggang. 

5. Istirahat yang cukup 

Kunci kesuksesan untuk menghilangkan lemak adalah istirahat yang cukup. Isitrahat yang baik adalah tidur malam hari selama 6-8 jam sehari. Istirahat yang cukup dapat memperbaiki sistem metabolisme tubuh yang juga berpengaruh terhadap gaya hidup sehat yang anda terapkan. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik