Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, October 17, 2018

Latihan Otot Tricep: Dumbbell Tricep Kickback

El Heze
Salah satu jenis otot lengan yang perlu anda latih adalah otot tricep. Otot tricep adalah otot yang terletak pada otot lengan bagian belakang. Dalam kontes-kontes bodybuilding, otot tricep adalah salah satu otot yang sering ditonjolkan. 

Ada banyak cara untuk melatih otot tricep. Di tempat fitness, tersedia alat2 yang bisa digunakan untuk melatih otot tricep. Namun, otot tricep sebenarnya bisa dilatih hanya dengan menggunakan dumbbell, dan anda bahkan melatih otot tricep di rumah hanya dengan sepasang dumbbell. 

Salah satu metode untuk melatih otot tricep adalah dengan gerakan dumbbell tricep kickback. Apa itu dumbbell tricep kickback? Dan bagaimana cara melakukan gerakan ini dengan benar? 

Dumbbell tricep kickback adalah latihan yang sangat bagus dan fokus untuk membentuk otot tricep, karena gerakan tricep kickback hanya fokus untuk membentuk satu jenis otot yaitu otot tricep. Artinya dumbbell tricep kickback adalah gerakan isolasi dalam fitness. 

Berikut adalah gerakan dumbbell tricep kickback: 

Tricep kickback bisa dilakukan dengan beberapa macam variasi seperti pada gambar diatas. Anda bisa menggunakan kursi untuk melakukan dumbbell tricep kickback. Tetapi anda juga bisa melakukannya dengan cara berdiri tanpa alat. Tahapan pelaksanaan dummbell tricep kickback: 

- Letakkan satu tangan dan lutut anda pada kursi.
- Satu tangan lain memegang dumbbell, dan kaki yang lain menyentuh lantai.
- Sedikit condongkan tubuh kedepan, namun punggung harus tetap tegak.
- Posisi dumbbell berada di depan dada.
- Ayunkan dumbbell kebelakang hingga posisi siku anda lurus / posisi penuh.
- Posisi siku harus lurus tidak boleh menekuk. 
- Kembali ke tahapan semula.
- Ulangi gerakan tersebut 10-15 repetisi, 3 set. 

Jika anda tidak menggunakan kursi, maka langkah2 melakukan dumbbell tricep kickback sebagai berikut: 

- Berdiri tegak dan punggung lurus. 
- Condongkan tubuh kedepan. 
- Kaki kiri maju kedepan dan tangan kanan memegang dumbbell (dan sebaliknya).  
- Lalu ayunkan dumbbell kebelakang hingga posisi siku lurus.
- Lakukan gerakan yang sama untuk tangan kiri.  

Itu adalah cara melatih otot tricep dengan gerakan dumbbell tricep kickback. Untuk praktik latihan lebih jelas, anda bisa melihat video dumbbell tricep kickback saya dibawah ini: 


Lakukan juga gerakan ini untuk kedua tangan, supaya perkembangan otot tricep anda seimbang. Perhatikan gerakan dumbbell tricep kickback yang benar.... Perhatikan video kedua dibawah ini: 


Itulah contoh melakukan gerakan dumbbell tricep kickback untuk membentuk otot tricep agar lebih bagus. Contoh diatas saya menggunakan dumbbell 5 kg. Anda bisa menambah beban sendiri, dan sesuaikan dengan kemampuan anda. 

Oh ya, gerakan ini bisa anda terapkan di rumah. Jadi anda yang tidak punya waktu ke tempat gym, namun ingin tetap bisa membentuk otot dengan baik, anda bisa melakukan dumbbell tricep kickback. Anda hanya membutuhkan sepasang dumbbell. Jika anda tidak punya dumbbell, anda bisa menggunakan botol yang diisi pasir.. 

Oke sampai disini dulu tulisan saya tentang latihan otot tricep. Di pos-pos selanjutnya saya akan memberikan banyak tutorial lain tentang latihan fitness dan latihan fisik. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik