Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, July 5, 2017

Manfaat Pull Up Secara Rutin

Pernahkah anda mencoba olahraga pull up? Olahraga pull up merupakan salah satu jenis olahraga bodyweight alias olahraga yang mengandalkan berat tubuh anda sendiri. Gerakan pull up dilakukan dengan mengangkat dan menurunkan tubuh anda sendiri, dengan kedua tangan anda bergelantungan pada bar / tiang.   

O iya, olahraga pull up pernah saya bahas di pos ini: Otot-otot yang Dilatih Saat Olahraga Pull Up dan Alat Latihan Pull Up di Rumah. Kalau anda ingin tahu pull up itu yang seperti apa, anda bisa lihat gambar olahraga pull up dibawah ini: 


Sumber gambar: http://cdn-mf1.heartyhosting.com

Pull up merupakan olahraga bodyweight yang sangat efektif dalam membentuk otot. Pull up yang dilakukan secara rutin akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi anda. Apa saja manfaat pull up? Simak 4 (empat) manfaat pull up secara rutin. 

1. Pull up dapat melebarkan bahu

Bagi anda yang memiliki bahu yang sempit, anda bisa melakukan olahraga pull up secara rutin. Gerakan pull up benar2 fokus secara langsung untuk membentuk otot bahu anda. Hal ini dikarenakan gerakan pull up adalah gerakan yang mengangkat dan menurunkan tubuh anda, sehingga otot bahu akan terbentuk. Pull up akan melebarkan bahu jika dilakukan secara rutin.  

2. Pull up adalah gerakan kombinasi yang menguatkan seluruh upper body

Ketika anda melakukan pull up, maka hampir seluruh otot anda ikut bekerja. Gerakan pull up dapat sekaligus membentuk otot bahu, bicep, trapezius, punggung, otot sayap. Dengan melakukan gerakan pull up secara rutin, otot tubuh bagian atas akan terbentuk lebih cepat. 

3. Pull up sangat bagus untuk anda yang memiliki tubuh kurus 


Pull up dapat memperbaiki postur tubuh anda. Olahraga ini sangat bagus terutama bagi anda yang memiliki tubuh kurus (ectomporh). Tubuh kurus pada umumnya memiliki bahu yang sempit dan kecil. Olahraga pull up dapat membuat postur anda menjadi lebih tegap dan lebar. 

4. Pull up rutin membuat otot lebih awet

Sama halnya seperti push up, pull up yang dilakukan secara rutin bisa membuat otot anda lebih awet. Baca juga: Manfaat Push Up Secara Rutin yang Perlu Anda Ketahui. Pull up merupakan olahraga bodyweight, sehingga gerakan2 yang anda lakukan secara rutin bisa membuat otot lebih awet, karena pull up adalah olahraga yang natural. Hal ini berbeda dengan ketika anda melakukan angkat beban. 

Angkat beban memang dapat membentuk otot lebih cepat. Akan tetapi jika anda tidak melakukan latihan angkat beban lagi, otot anda akan menyusut dengan cepat. Hal ini berbeda ketika anda melakukan pull up rutin. Ketika anda tidak olahraga pull up lagi, otot anda masih akan tetap terbentuk dengan baik. 

Bahkan keunggulan pull up secara rutin dibandingkan melakukan push up secara rutin adalah pull up lebih cepat dan efektif membentuk otot anda. Hal ini dikarenakan gerakan pull up membutuhkan tenaga yang lebih besar ketimbang anda melakukan push up. 

2 komentar:

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik