Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Wednesday, December 13, 2017

Manfaat dan Otot-otot yang Dilatih Saat Deadlift

Dalam olahraga fitness, kita mengenal salah satu jenis latihan yang sangat populer, yaitu latihan deadlift. Latihan deadlift adalah latihan yang selalu dilakukan oleh para gym mania, hingga bodybuilder, atlet pasti selalu melakukan latihan deadlift dalam program fitness mereka. Kenapa latihan deadlift adalah latihan yang sangat populer? Apa kegunaan latihan deadlift? 

Jika anda belum tahu deadlift, silahkan baca latihan deadlift di beberapa pos ini: Gerakan-Gerakan Latihan Otot Punggung dan Latihan Deadlift yang Benar untuk Membentuk Otot Punggung. 
Deadlift bukan hanya gerakan yang melatih satu jenis otot saja, tetapi deadlift sejatinya adalah gerakan compound, yaitu gerakan yang melatih beberapa jenis otot tubuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa deadlift adalah gerakan yang cukup populer dilakukan dalam fitness.

Lalu otot-otot apa saja yang dilatih ketika anda melakukan deadlift? Berikut otot-otot yang dilatih saat deadlift:

1. Otot punggung bawah (lower back) 

Otot punggung bawah adalah otot utama yang dilatih ketika anda melakukan deadlift. Itulah mengapa deadlift adalah bagian dari program latihan otot punggung. Jadi ketika anda latihan punggung, maka jangan lupa untuk memasukkan menu latihan deadlift. 

Gerakan jongkok-berdiri disertai dengan barbbell atau dumbbell membuat otot punggung bawah anda bekerja lebih keras dan konstraksi, sehingga otot punggung bawah anda akan terbentuk dengan lebih baik. 

2. Otot kaki 

Deadlift ternyata juga melatih otot kaki. Kalau anda selama ini mungkin pernah membaca artikel2 yang mengatakan bahwa deadlift melatih otot kaki, maka anggapan tersebut benar. Deadlift berperan penting untuk menguatkan otot kaki, terutama otot quadricpes. Karena gerakan deadlift dilakukan dengan jongkok-berdiri, dengan tambaan beban (berupa barbbell atau dumbbell), maka otot kaki anda akan bekerja. 

3. Otot lengan 

Ketika anda mengangkat beban dengan posisi jongok dan berdiri, anda membutuhkan peran lengan yang kuat. Tanpa lengan yang kuat, anda tidak akan bisa menopang beban dari deadlift yang anda gunakan. Maka dari itu, deadlift secara otomatis juga menguatkan otot lengan anda. 

4. Deadlift memperbaiki postur anda 

Deadlift yang dilakukan dengan benar akan memperbaiki postur tubuh anda. Intinya, ketika anda melakukan deadlift, punggung anda harus tegak jangan membungkuk. Deadlift dapat memperbaiki postur anda, terutama pada punggung dan upper body anda secara keseluruhan, karena saat anda melakukan deadlift, otot-otot punggung, bahu dan leher juga ikut bekerja. 

Itulah keempat jenis otot yang dilatih saat anda melakukan deadlift. Otot punggung adalah otot utama yang dilatih ketika deadlift, kemudian otot kaki adalah otot yang juga berperan sangat penting. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan menu latihan deadlift dalam program latihan anda.

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik