Program Latihan Fisik membahas panduan dan tutorial olahraga freeletics, gym, fitnes rumahan, dan bodyweight workout.

Tuesday, January 2, 2018

Cara Agar Kuat Push Up untuk Pemula

Kemampuan setiap orang untuk melakukan push up berbeda-beda. Ada orang yang bisa melakukan push up sebanyak 30 kali tanpa berhenti. Ada orang yang bisa melakukan push up 20 kali tanpa berhenti. Ada juga orang yang hanya bisa melakukan push up sebanyak 5 kali. Nah, faktor apa yang bisa membuat seseorang kuat melakukan push up? 

Tentu saja yang membuat seseorang kuat melakukan push up adalah pola latihan yang anda jalankan. Semakin rajin dan rutin anda dalam melakukan push up, lama kelamaan anda pasti bisa melakukan push up dalam jumlah yang banyak. 

Tapi bagaimana cara berlatih yang benar agar anda bisa kuat melakukan push up? Bagaimana jika anda sama sekali belum bisa melakukan push up? Bukankah push up harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal? 

Oke, sebelum saya memberikan tips pada anda bagaimana cara kuat push up, ada baiknya anda membaca pos ini terlebih dahulu: Belajar Push Up yang Benar untuk Pemula. 

Setelah anda Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan agar anda kuat melakukan push up: 

1. Lakukan push up plank


Push up plank dilakukan persis seperti gerakan plank. Hanya saja, posisi tubuh anda adalah posisi tubuh seperti ketika anda akan melakukan push up. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar diatas. Lakukan posisi seperti push up, dan kemudian tahan posisi tersebut 15-30 detik. Setelah anda bisa menahan sampai 30 detik, tahan sampai 1 menit. 

Jika anda belum kuat melakukan push up sama sekali, ada baiknya sebagai awal berlatih, anda melakukan push up plank. Hal ini bertujuan untuk memperkuat lengan dan tangan anda, serta membiasakan tangan dan tubuh anda untuk melakukan gerakan push up. 

2. Push up di tempat yang empuk (ranjang, matras) 

Setelah anda sudah terbiasa melakukan push up plank, dan anda masih merasa sedikit berat jika melakukan push up di lantai, anda bisa memulai push up di tempat yang empuk seperti matras atau ranjang. 

Push up di tempat yang empuk memberikan tekanan pada lengan anda yang tidak terlalu besar, sehingga anda bisa melakukan push up dengan lebih mudah. Jika anda sudah bisa melakukan push up pada bidang yang tidak terlalu keras (empuk), anda bisa mulai melakukan push up pada bidang yang lebih keras seperti di lantai. 

3. Lakukan push up secara bertahap 

Setelah anda mulai terbiasa push up, lakukan push up secara bertahap. Hanya dengan cara inilah anda akan kuat untuk melakukan push up dalam jumlah yang banyak. Lakukan push up sebanyak 5 repetisi. Jika anda sudah kuat melakukan 5 repetisi, anda bisa menambah terus jumlah repetisi push up sesuai dengan kemampuan anda. Baca juga: Berapa Repetisi Push Up yang Baik?

Itulah ketiga cara yang bisa anda lakukan agar anda kuat melakukan push up dalam repetisi yang banyak. Kalau anda belum kuat melakukan push up sama sekali, lakukanlah cara-cara seperti diatas secara rutin. 

0 komentar:

Post a Comment

Ayo Berkomentar di Web Program Latihan Fisik